maple

Senin, 26 Maret 2012

SISTEM OTOT DAN KELAINAN PADA OTOT

Begitu rumit susunan tubuh kita,disusun mulai dari banyak sel-sel dengan fungsinya masing-masing,sampai membentuk suatu model sempurna seperti tubuh kita.Daging yang dikenal dalam istilah sehari-hari,dalam istilah biologi biasa disebut dengan otot.

Sistem otot menghasilkan begitu banyak gerakan dengan menggunakan otot sebagai tim yang terkoordinasi.Jaringan otot menciptakan gerakan tubuh dan juga sebagai sumber tenaga bagi proses internal tubuh.Dari setak jantung dan pergerakan makanan dalam usus,sampai ke penyesuaian diameter arteri dan pemfokusan mata.Sistem otot lebih mengarah ke fisik,pemakaian otot secara teratur akan mencegah penyusutan,serta cedera otot lebih sering terjadi daripada penyakit otot.Namun demikian,otot tidak bisa bekerja tanpa bantuan sistem saraf.Sistem saraf yang merangsang dan mengintegrasikan aktivitas otot.

Otot adalah "daging" tubuh.Otot menonjol dan bergelombang tepat di bawah kulit,dan tersusun dalam lapisan bersilangan ke arah bawah sampai ke tulang.Tugas otot adalah berkontraksi dan menarik tulang tempat otot melekat.Biasanya berkontraksi dalam kelompok,menggerakkan tulang dengan sudut yang akurat dan jarak yang tepat.

 Kelainan pada otot dan tendon diantaranya sebagai berikut:


1. kram dan robekan otot
kram otot adalah istilah yang digunakan untuk sejumlah kerusakan menengah padajaringan lunak sampai serat otot,biasanya disebabkan oleh gerakan kuat mendadak.




2.tendon putus
tendon achilles melekatkan otot betis ke tulang tumit.Tendon ini dapat putus akibat gerakan tiba-tiba dan dapat diobati dengan tindakan bedah dan imobilisasi dengan gips.



3.miastenia gravis
disebabkan oleh antibodi yang menyerang dan perlahan menghancurkan reseptor penerima sinyal saraf dalam serat otot.Hasilnya, otot tidak terangsang untuk berkontraksi,atau hanya merespon sangat lambat.Gejala awal berupa turunnya kelopak mata (atas) karena melemahnya otot wajah.Otot yang terlibat dalam mengunyah dan menelan juga terkena,sehingga makan menjadi sulit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar